Breaking News
---

Ini Sejarahnya May Day

 Tanggal 1 Mei selalu diperingati sejumlah hari penting secara nasional dan internasional. Selain Hari Buruh (May Day), pada tanggal 1 Mei ini di Indonesia juga diperingati sebagai Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat. Rabu(1/5/2024).

Foto ilustrasi

Hendra Pegiat Lingkungan, Musisi dan Mahasiswa S2 Ilmu Kesejahteraaan Sosial, FISIP UI mengatakan bahwa tanggal 1 Mei turut diperingati sebagai Hari Pembebasan Irian Barat.

"Menurut informasi yang yang saya pelajari dan ada dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), pada 1 Mei 1963, Irian Barat (Papua bagian barat) kembali ke Indonesia melalui mediasi UNTEA (United Nations Temporary Executive Authority) oleh PBB"ujar, Hendra,Rabu(1/4/2024).

Dalam sejarahnya, pemerintah Belanda diperintahkan untuk menyerahkan pemerintahan di Irian Barat kepada penguasa sementara PBB-UNTEA pada 1 Oktober 1962. Dan UNTEA menyerahkannya kepada Indonesia dengan ketentuan harus mengadakan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) sebelum akhir 1969.

Hasil dari Pepera tersebut menunjukkan bahwa rakyat Irian Barat ingin tetap bersatu dengan Indonesia. Hasil tersebut disampaikan dan disetujui dalam Sidang Umum PBB pada 19 November 1969.

Peristiwa pembebasan Irian Barat dari pendudukan Belanda ini merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Indonesia.

Oleh karena itu, pada tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat. Hal ini dalam rangka memperingati serangkaian upaya melalui diplomasi dan konfrontasi yang telah dilakukan pemerintah Indonesia kala itu dalam merebut kembali Irian Barat dari pendudukan pemerintah Belanda.(*)

Baca Juga:
Tutup Iklan