Breaking News
---

Puluhan Sekolah Rusak Segera Direhabilitasi di Kabupaten Karawang

 Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang mencatat, ada 60 bangunan SDN rusak yang akan direhabilitasi tahun 2024. Anggaran peremajaan itu mencapai Rp 200 juta per titik.

Foto ilustrasi bangun rusak di Karawang

Kabid SD/SMP Disdik Karawang, Yanto mengatakan bahwa miliaran rupiah dialokasikan dari APBD untuk pembangunan rehab di sejumlah titik SDN di Karawang.

“Ada dari APBD maupun anggaran dari pusat yaitu DAK, kalau mau jelas soal titiknya harus liat data dulu,” terangnya, Selasa, 21 Mei 2024.

Sementara Korwilcambidik Kecamatan Kotabaru, Mustopa mengatakan di wilayah kecamatan yang dipimpinnya itu ada sebanyak 39 Sekolah Dasar (SD), diantaranya 29 SD Negri dan 10 SD Swasta.

Dari jumlah tersebut, kata dia, hanya ada beberapa SD yang akan mendapatkan bantuan rehab bangunan sekolah dari Disdikpora Karawang.

“Tahun ini ada dua SD yang akan mendapatkan bantuan rehab bangunan yaitu SDN Wancimekar 2 dan SDN Jomin Barat 4,” ucapnya.

Ia menambahkan, di setiap kecamatan yang ada di Karawang hanya dua sekolah saja yang mendapatkan rehab bangunan sekolah.

Jika dijumlahkan tahun ini ada 60 sekolah dasar yang akan mendapatkan bantuan rehab sekolah, karena ada 30 Kecamatan di Kabupaten Karawang.

“Tetap anggarannya Rp 200 juta pertitik, jika kondisi sekolahnya ringan dan terlalu rusak parah maka rehab bangunan sekolah langsung tuntas. Jika bangunan sekolahnya rusak parah dan tidak selasai bisa melakukan pengerjaan lanjutan,” tuturnya.

Ia berharap kepada Disdikpora untuk segera melakukan pengerjaan Rehab Bangunan di SDN Wancimekar 2 dan SDN Jomin Barat. Karena dua sekolah tersebut sudah di servei oleh dinas terkait.

“Soalnya kondisi dua sekolah ini sudah rusak, bangunannya miring dan udah mau roboh. Mudah-mudahan bisa segera dikerjakan,” pungkasnya.(*)

Baca Juga:
Tutup Iklan