Breaking News
---

Tundukkan PSG 1-0, Dortmund ke Final Champions League

 Borussia Dortmund lolos ke final Liga Champions 2023/2024. Die Borussen menang 1-0 di markas PSG, Rabu (8/5/2024) dini hari WIB dan melaju dengan agregat kemenangan 2-0.

Tundukkan PSG 1-0, Dortmund ke Final Champions League

Klub asal Jerman ini menunjukkan ketenangan yang luar biasa saat tampil di Parc des Princes, Paris. Mats Hummels  tampil sebagai pembeda dengan golnya pada menit ke-50.

Hummels mencetak gol sundulan dari sepak pojok. Gol itu membawa Dortmund, yang memenangi gelar pada tahun 1997, lolos ke final pertama mereka di kompetisi Eropa sejak 2013.

Dortmund selanjutnya akan bertemu dengan pemenang laga Real Madrid vs Bayern Munchen, yang akan digelar Kamis (9/5/2024) dini hari WIB. Kedua tim tersebut bermain imbang 2-2 di leg pertama. 

Dalam laga ini, empat kali tendangan pemain PSG membentur tiang gawang dan gagal menghasilkan gol. Kylian Mbappe, yang akan meninggalkan klub di akhir musim, tampil kurang cemerlang.

PSG, yang lebih difavoritkan untuk final kedua mereka setelah finis sebagai runner-up di tahun 2020, membuat awal yang agresif. Mbappe mendapatkan peluang pertama mereka di menit ketujuh dengan tendangan setengah voli.

Bintang Timnas Prancis itu memiliki ruang yang cukup luas untuk memotong mengancam  Dortmund, tetapi tim tamu tampil tenang dan bertahan. Kepercayaan diri mereka semakin meningkat, dan mereka mendapatkan kesempatan pertama melalui Julian Ryerson, yang tendangannya masih membentur tiang gawang.

Dortmund memiliki kesempatan yang lebih baik di menit ke-35. Ketika itu, setelah sebuah serangan balik yang tajam, Gianluigi Donnarumma melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan tendangan Karim Adeyemi.

PSG yang diasuh Luis Enrique meningkatkan serangan pada awal babak kedua. Tendangan Warren Zaire Emery membentur sisi luar tiang gawang.

Di tengah tekanan, Dortmund tampil lebih klinis. Hummels menyundul bola dari tendangan sudut lima menit setelah turun minum, untuk menggandakan keunggulan tim asal Jerman dalam dua leg.

Sejumlah peluang PSG gagal berbuah gol, saat tendangan Ramos melambung dan tendangan Nuno Mendes dari jarak 25 meter membentur tiang gawang. Percobaan Mbappe lainnya dibelokkan ke atas mistar gawang, serta sepakan keras Vitinha juga membentur tiang gawang.

Susunan Pemain:

Paris Saint-Germain (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Achraf Hakimi, Marquinhos, Beraldo, Nuno Mendes; Zaire-Emery/Lee Kang-in (76), Vitinha, Fabian Ruiz/Marco Asensio (63); Ousmane Dembele, Goncalo Ramos/Bradley Barcola (63), Kylian Mbappe.

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Gregor Kobel; Julian Ryerson, Mats Hummels, Nico Schlotterbeck, Ian Maatsen; Marcel Sabitzer, Emre Can; Jadon Sancho/Niklas Sule (67), Julian Brandt/Felix Nmecha (85), Karim Adeyemi/Marco Reus (56); Niclas Fullkrug.(*)

Baca Juga:
Tutup Iklan