Breaking News
---

Tandingkan 8 Cabang Lomba, Kadisdikpora - Kemenag Karawang Resmi Buka Pentas PAI Tingkat Kabupaten di Telagasari

Ribuan siswa bersama 300 pembimbingnya siap tanding dalam Pentas Lomba Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat Kabupaten, Sabtu (17/5/2024). Di buka langsung Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Haji Sopian dan Plt Kadisdikpora H Cecep Mulyawan dengan ditandai pemukulan gong, Pentas PAI yang mempertandingkan 8 cabang lomba religi ini, di hadiri sejumlah pemangku pendidikan se Kabupaten Karawang di halaman kantor Camat Telagasari.

Foto : Kegiatan Pentas PAI Tingkat Kabupaten Karawang resmi di Buka di Kecamatan Telagasari


Kabid Dikdas Disdikpora Karawang, Yanto mengatakan, Pentas PAI merupakan sarana Strategis kecerdasan spiritual dan sosial, untuk mengukur ketercapaian akademik dan non akademik siswa melalui Bidang Dikdas Disdikpora Karawang. Dimana lomba ini, di gelar setiap setahun sekali. Dengan mengusung tema "Mewujudkan Generasi maju, berakhlak untuk karawang yang maju, cakep, akuntabel dan kreatif" pentas PAI kali ini mempertandingkan 8 cabang lomba, antara lain sebut Yanto, Musabaqoh Hifdzil Quran, Musabaqoh Tilawatil Quran, Pildacil/Pidato PAI, Kaligrafi, Adzan, Praktek sholat, Cerdas Cermat Anak (CCA), kemudian Qosidah dan Rebana SD.
Foto : Kegiatan Pentas PAI Tingkat Kabupaten Karawang resmi di Buka di Kecamatan Telagasari

"Peserta yang hadir di tingkat Kabupaten ini merupakan perwakilan setiap Kecamatan yang telah melalui seleksi ditingkat Kecamatan, " Ungkapnya.

Adapun lokasi yang dijadikan venue lomba sambung Yanto, selain di Kantor Kecamatan Telagasari, juga ada cabang di SDN Talagasari, SDIT Al Kiffah Telagasari, Aula PGRI Telagasari dan Mesjid Attaqwa. Kemudian bagi yang jadi juara, dipersiapkan menjadi wakil Kabupaten Karawang di tingkat Jawa Barat. 

Sementara hadiah yang di siapkan tambah Yanto, berasal dari APBD II Dipa Disdikpora tahun anggaran 2024 dengan rincian juara 1 mendapat Rp4 juta, Juara 2 mendapat Rp3 juta dan juara 3 mendapat Rp2 juta. Selain uang pembinaan, juga pihaknya menyiapkan trophy berikut piagam yang akan bernilai manfaat bagi siswa saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ke jenjang SMP. 

Foto : Kegiatan Pentas PAI Tingkat Kabupaten Karawang resmi di Buka di Kecamatan Telagasari

"Besaran jumlah hadiah ini lebih besar dibanding lomba PAI tingkat Jawa Barat. Semoga ini bisa membantu pengembangan prestasi sebagaimana tujuannya yaitu menjadikan siswa memiliki karakteristik yang baik serta kejujuran untuk kehidupan sehari-hari, " Pungkasnya. 

Kepala Kemenag Karawang H Sopian mengatakan, Pentas PAI bukan sebagai mempertandingkan lomba PAI, lebih dari itu jadi wahana kolaborasi dan kebersamaan yang baik antara Kementrian Agama (Kemenag) dengan Pemkab dalam hal ini Disdikpora. Para Guru PAI merupakan binaan Kemenag yang tempat mengajarnya di sekolah negri dibawah naungan Pemkab. Oleh karenanya, semoga Pentas PAI ini dimanfaatkan sebaik-baiknya-baiknua oleh para guru agama maupun siswa untuk membuktikan prestasi hasil pembelajaran yang mencetak generasi berakhlak dan berpengetahuan agama yang baik. 
"Ini kolaborasi yang baik, semoga terus terjalin dan lebih sukses, " Harapnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, para pembimbing dan guru PAI se Kabupaten Karawang, Forum FKGPAI, PGRI, K3S maupun sejumlah Kooorwilcambidik dan pengawas PAI se Karawang. (Rd)
Baca Juga:
Tutup Iklan