Breaking News
---

Presiden, Prabowo hingga Kepala BIN Siapkan Operasi Khusus di Papua

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi perhatian khusus terkait pendekatan keamanan di Papua. Presiden ingin menjamin kedamaian di Bumi Cendrawasih.

Presiden, Prabowo hingga Kepala BIN Siapkan Operasi Khusus di Papua

Hal ini terungkap dalam rapat terbatas (ratas) bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (8/5/2024) siang ini. Menteri yang hadir antara lain adalah Menteri Pertahanan (Menhan), yang juga Presiden terpilih 2024, Prabowo Subianto.

Selain Prabowo, hadir juga Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ), Budi Gunawan dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Berikutnya, Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa dan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Bambang Ismawan.

Selain itu, hadir pula Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

"Ini ratas masalahnya bahas mengenai anggaran untuk operasi khusus di Papua," ujar Wakil Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo usai Ratas di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (8/5/2024).

Sementara itu, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyusun rencana percepatan pembangunan Papua. Salah satunya dengan program pendekatan kesejahteraan.

"Jadi tadi saya melaporkan bahwa kita sudah akan mulai tahun ini dan wapres akan segera ke Papua. Karena sebagai ketua dalam pelaksanaan ini," ujar Suharso.

"Kemudian apakah secara bertahap kita lakukan dari semua pendekatan kesejahteraan ini. Termasuk untuk pendidikan, kesehatan dan sebagainya yang anggarannya itu sudah di insert dalam kementerian dan lembaga," ujarnya.

Selain itu, menurutnya dalam ratas bersama Presiden juga dibahas pendekatan keamanan yang harus diberikan perhatian khusus. Tujuannya untuk menjamin kedamaian di Papua.(*)

Baca Juga:
Tutup Iklan