Breaking News
---

Arab Saudi Percepat Tanggal Masuk Jemaah Umrah 2024

 Arab Saudi mempercepat tanggal masuk jemaah umrah 2024. Izin masuk dapat dikatongi beberapa hari setelah pelaksanaan Idul Adha 10 Zulhijah, tepatnya mulai 14 Zulhijah (21 Juni-red).  

Arab Saudi Percepat Tanggal Masuk Jemaah Umrah 2024

“Pada tahun ini kami juga merencanakan untuk memberikan izin masuk bagi jemaah umrah ke Saudi lebih cepat, yaitu mulai 14 Dzulhijjah (21 Juni-red). Begitu lepas selesai ritual Haji kami segera membuka masuknya jemaah umrah dari Indonesia mulai tanggal 14 Dzulhijjah,” ujar Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah, usai melakukan Kunjungan Kehormatan kepada Wapres Ma’ruf Amin, di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (30/04/2024). 

“Sehingga kita bisa memanfaatkan pesawat-pesawat yang datang untuk menjemput jemaah haji. Kemudian, untuk kepulangan mereka bisa membawa jemaah Umrah yang ingin melaksanakan ibadah ke Arab Saudi.”

Tawfiq menambahkan, berdasarkan jumlah visa umrah yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi tercatat jumlah jemaah umrah Indonesia mencapai lebih dari satu juta orang. “Kami juga memberikan catatan pada 1445 hijriah ini jumlah jemaah umroh yang datang dari Indonesia sangat besar sekali, yaitu lebih dari 1.200.000 orang,” ucapnya. 

Kunjungannya ke Indonesia juga untuk melakukan koordinasi dengan otoritas terkait, guna adanya penambahan penerbangan dari beberapa bandara. Hal serupa juga dilakukan di Arab Saudi untuk keperluan pengangkutan jemaah umrah dari Indonesia. 

“Penerbangan langsung dari Indonesia-Arab Saudi sampai 3,500 penerbangan, itu berarti dalam satu hari 10 penerbangan dari Indonesia ke Arab Saudi. Telah dilaksanakan koordinasi dan kerja sama intansi terkait dari Arab Saudi maupun dari Indonesia,” katanya. 

“Yaitu, untuk menambah penerbangan dari beberapa bandara di Indonesia. Untuk diterima di bandara Arab Saudi.” 

Pada kesempatan itu Tawfiq menyebut, Arab Saudi juga telah merevitalisasi berbagai situs keislaman dan sejarah di Mekah dan Madinah. Situs-situs tersebut berkaitan dengan perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW.

“Dan, ada tambahan untuk situs-situs yang akan direvitalisasi. Kami mengimbau kepada jemaah umrah untuk berkunjung ke situs-situs tersebut, karena berkaitan dengan sejarah perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW,” ucapnya.(*)

Baca Juga:
Tutup Iklan