Breaking News
---

Penjaga gawang Marten Paes Resmi Jadi WNI

 Penjaga gawang Marten Paes, resmi menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Paes menjadi WNI usai mengikuti prosesi pengambilan sumpah janji pewarganegaraan.

Dari Kediri ke Nijmegen, Maarten Paes Jadi WNI

Pengambilan sumpah pewarganegaraan berlangsung di Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM DKI Jakarta, di kawasan Cawang, Jakarta Timur. Dipimpin Kepala Kantor Wilayah R. Andika Dwi Prasetya pada Selasa (30/4/2024).

Usai prosesi pengambilan sumpah, Paes menyatakan rasa bahagianya. Ia mengungkapkan ini adalah saat yang membahagiakan dan bersejarah.

“Saya sangat bangga, ini adalah momen besar (bersejarah) bagi saya. Momen yang membahagiakan untuk dibagi bersama masyarakat Indonesia, saya sangat bangga dan tidak sabar untuk memulai (bersama Timnas Indonesia),” ucap Paes dalam keterangan tertulis dari PSSI.

Sementara, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyatakan, menjadikan Paes sebagai WNI adalah bagian dari rencana kerjanya untuk Timnas Indonesia. Hal yang harus segera ia selesaikan untuk melancarkan berbagai program jangka panjang sepak bola Indonesia.

“Setelah tiba di Jakarta dari Doha, saya kembali fokus memperkuat tim nasional. Hari ini Maarten Paes sudah resmi menjadi WNI,” ujar Erick.

Maarten Paes adalah kiper kelahiran Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Saat ini kiper dengan tinggi 191 sentimeter itu bermain di Liga Amerika Serikat (MLS) bersama FC Dallas.

Paes memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang berasal dari Pare, Kediri, Jawa Timur, dan lahir pada 20 Maret 1940. Paes merupakan pemain naturalisasi rekomendasi Shin Tae Yong untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Proses pemberian status WNI kepada Paes telah dimulai sejak beberapa bulan sebelumnya. Saat itu prosesnya bersamaan dengan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen pada awal Maret 2024.(*)

Baca Juga:
Tutup Iklan