Breaking News
---

Pabrik Bata Tutup Diduga Akibat Ketersediaan Bahan Baku

 Pabrik sepatu Bata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat ditutup. Penutupan ini diduga akibat kurangnya ketersediaan bahan baku berkualitas, untuk memproduksi sepatu. 

Pabrik Bata Tutup Diduga Akibat Ketersediaan Bahan Baku

Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri menekankan, sebenarnya, kualitas sepatu lokal tidak kalah dengan sepatu impor. Namun, belakangan, produsen sepatu lokal kesulitan memperoleh bahan baku berkualitas. 

"Ada faktor input bahan baku, bahan baku pengaruhnya mencapai 50 persen. Karena besar pengaruhnya kesulitan bahan baku," katanya, Selasa (7/5/2024). 

Hal ini membuat produsen sepatu lokal kalah bersaing. Terutama di tengah ketatnya persaingan usaha dengan produk luar negeri. 

Untuk itu, menurutnya, bisnis sepatu lokal dalam kondisi tidak baik-baik saja. "Kalau bicara sisi brand, retail, kita bicara tidak soal persaingan antar-brand," ujarnya. 

Ia menilai, lesunya bisnis sepatu lokal bahkan terjadi sejak menjelang Lebaran 2024. "Lebaran 2024 mengalami penurunan pasar, lesu," ucapnya.

Pabrik sepatu Bata di Purwakarta sudah beroperasi selama 30 tahun. Sebanyak 233 orang pekerja terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat pabrik tersebut ditutup. (*)

Baca Juga:
Tutup Iklan