Breaking News
---

Mentan Amran Siap Bangun Klaster Pertanian Modern Bandung 2024

 Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman siap membangun klaster pertanian modern seluas 10 ribu hektare di wilayah Bandung, Jawa Barat, guna menarik minat anak muda agar ikut terlibat dalam penyiapan pangan bagi bangsa.

Mentan Amran Sulaeman

“Sebagai langkah awal, pembangunan akan dimulai di Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan akan melibatkan banyak pihak termasuk perguruan tinggi dari berbagai kampus. Kami ingin membuat klaster di Jawa Barat 5 ribu sampai 10 ribu hektare. Jadi nanti semuanya menggunakan teknologi tinggi yang sejajar dengan negara modern," kata Mentan dalam kunjungan kerja di Desa Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Selasa (7/5/2024).

Mentan mengatakan klaster pertanian modern adalah gebrakan masa depan untuk menarik minat anak muda yang saat ini memasuki bonus demografi. Nantinya, kaum milenial atau Gen Z akan mengoperasikan pesawat tanpa awak (drone), remote control sampai robot tanam lainnya yang dapat mempercepat produksi.

"Tidak ada tanam yang manual. Semuanya tanam pakai mesin, panen pakai mesin. Kita tingkatkan upaya kita selama ini dengan penggunaan teknologi dan mekanisasi," ujar Amran dalam keterangan di Jakarta.

Ke depan, Mentan berharap klaster pertanian modern ini akan menjadi pemicu bagi perluasan pertanian modern di daerah lainnya sehingga Indonesia bisa menjadi percontohan bagi Asia Tenggara maupun ASEAN secara keseluruhan.

"Saya ingin pertanian kita contoh bagi pertanian Asia Tenggara dan Asia. Jadi memupuk tidak lagi manual melainkan pakai drone," pungkasnya.(*)

Baca Juga:
Tutup Iklan