Breaking News
---

Gempa Sesar Lembang, BMKG: Upaya Mitigasi Perlu Dilakukan

 Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas 1 Bandung menekankan pentingnya upaya mitigasi. Ini menjadi cara paling ampuh menekan angka korban jiwa akibat bencana gempa bumi yang ditimbulkan Sesar Lembang.

Sesar lembang masih aktif, PVMBG lakukan penelitian lebih intens

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Bandung Virga Librian mengatakan sesar tersebut perlu menjadi perhatian bersama bukan hanya pemerintah. Tetapi juga masyarakat khususnya di wilayah Bandung Raya.

"Mitigasi struktural di antaranya membangun bangunan tahan gempa. Terutama bangunan vital sekolah, rumah sakit yang mampu menahan guncangan gempa," kata Virga, Rabu (8/5/2024). 

Dia mengatakan literasi kebencanaan masyarakat harus terus ditingkatkan dan dilakukan secara berkelanjutan. Guna meminimalkan risiko bencana seperti gempa bumi.

Selain itu, kata dia, penyediaan, penambahan, dan perbaikan jalur-jalur evakuasi menjadi salah satu langkah tepat. Ini untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. 

"Pemerintah juga mengeluarkan perda atau peraturan terkait tata ruang wilayah perlu diatur. Agar pada saat kejadian bencana lebih tertata dengan baik," ujarnya. 

Virga mengatakan dari hasil riset yang dilakukan BMKG, potensi Sesar Lembang bisa berdampak luas ketika kekuatannya mencapai magnitudo 6,8. Berdasarkan potensi tersebut, BMKG sudah membuat peta skenario guncangan, hasilnya wilayah Bandung Raya terdampak V-VIII MMI.

"Berdasarkan skenario hampir seluruh Jawa Barat, Banten, dan Jakarta akan terdampak (Sesar Lembang). Bandung Raya terdampak V-VIII MMI seperti Bandung Barat, Kota Bandung, Subang, Purwakarta yang terdampak signifikan dan merusak," ucapnya (*)

Baca Juga:
Tutup Iklan