Breaking News
---

Bismillah, Kloter 7 Kabupaten Indramayu Terbang Ke Madinah

 Pemberangkatan Calon Jamaah Haji -CJH- tahun 2024 dari Embarkasi Kertajati dimulai Minggu tanggal 12 Mei 2024 pada pukul 09.30 WIB.

Kloter 7 Kabupaten Indramayu Terbang Ke Madinah

Kelompok Terbang (Kloter) 7 CJH dari Kabupaten Indramayu masuk dalam gelombang I yang diberangkatkan besok menuju ke Madinah.

"Rombongan calon jamaah haji Kabupaten Indramayu hari ini pukul 09.00 WIB sudah masuk Asrama Haji Indramayu dan berangkat besok pagi pukul 09.30 WIB," kata Kasi Penyelengaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu, H. Effendy, Sabtu (11/5/2024).

Ia mengatakan CJH Kabupaten Indramayu pada tahun ini sebanyak 1855 orang terbagi dalam lima kloter. Yakni kloter 7, dan yang masuk gelombang kedua kloter 19, 25, 28 serta kloter 29 yang berjumlah 127 jamaah dan bergabung dengan Kabupaten Cirebon.

"Sedangkan untuk calon jamaah haji lansia hanya sekitar 5 persen," ucapnya.

Kabupaten Indramayu juga mendapatkan kuota tambahan sekitar 80 jamaah dan pihaknya memastikan adanya penambahan ini bisa memangkas daftar tunggu atau waiting list.

Foto : PJ gubernur Jabar dan Kepala Kemenag Karawang saat ber ada di Bandara Kertajati

"Dengan hal-hal lain seperti pembatalan termasuk adanya tambahan kuota bisa mempercepat pemberangkatan jamaah.Mudah-mudahan setiap tahun ada tambahan kuota terus sehingga daftar tunggu lebih cepat," ujarnya.

Effendy mengaku waiting list jamaah Kabupaten Indramayu hingga 22 tahun mendatang. Ia meminta calon jamaah haji agar menjaga kesehatan, pola makan agar ketika berangkat tetap sehat dan meniatkan ibadah dengan keikhlasan.

Sementara Executive General Manager PT. Angkasa Pura II Bandara Kertajati, Nuril Huda mengatakan pihaknya selalu mendukung dalam penerbangan haji terutama untuk menangani para calon jamaah yang seluruh kegiatannya dilibatkan di Bandara Kertajati.

"Kita juga pastinya selalu menyiapkan fasilitas-fasilitas dimana itu memudahkan para jamaah," ucapnya.

Selain itu, kata Nuril,Bandara Kertajati juga masih berpedoman terkait ramah lansia terutama beberapa fasilitas yang dikhususkan untuk penumpang lansia, supaya ketika berada dalam Bandara Kertajati tidak kesusahan dan bisa dilayani dengan baik.

Nuril Huda mengungkapkan pihaknya telah menambahkan beberapa petunjuk arah guna memudahkan rombongan dan pengantar calon jamaah haji yang akan ke bandara.

Diakuinya Bandara Kertajati pada tahun 2024 melayani calon jamaah haji dengan jumlah lebih banyak dari tahun 2023 lalu. Sebelumnya 25 kloter atau 9.200 jamaah dan tahun ini 30  kloter dengan total jumlah jamaah 13.000, berasal dari 9 kab/kota di Jawa Barat.(*)

Baca Juga:
Tutup Iklan