Breaking News
---

TPA Jalupang Belum Padam, Ini Langkah Akhir Pemkab Karawang

 Hampir dua pekan terakhir, kebakaran di TPA Jalupang masih belum padam. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang meminjam bantuan alat ke Pemkot Bandung untuk mengatasi persoalan itu.

Foto :Jalupang masih menyala

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karawang, Wawan Setiawan menyampaikan, kebakaran TPA Jalupang sudah terhitung 10 hari dan kondisinya belum kunjung membaik.

“Hari Sabtu besok memasuki 2 Minggu. Tentu ada beberapa dampak, pertama darurat sampah, dari kebakaran kemudian asapnya berdampak ke masyarakat,” ujarnya.

Kata Wawan, ada 1 kendala signifikan selain sampah, yaitu kapasitas (alat) pemadam kebakaran yang masih terbatas.

Oleh karena itu, Pemkab Karawang meminjam alat besar untuk memadamkan api kepada Pemkot Bandung.

“Di area 01 itu penyelesaian darurat sampah masih bisa ditanggulangi dengan cara membakar dan memasukkan sampah ke api. Di area 02, damkar kan harus nonstop madamin api, disitu gak efektif,” katanya.

Ia melanjutkan, Damkar terkendala jalan sempit dan juga kapasitas air yang kurang lebih hanya 5.000 liter. Ketika air habis, Damkar harus mundur dan mengisi ulang kapasitas air.

“Kalau udah abis harus mundur, dilokasi masih banyak asap. Mundur dulu ke saluran, masuk lagi terus mundur lagi kalau abis. Jadi bulak-balik,” lanjutnya.

“Kita pinjem alat, fungsinya buat nyedot air terus nembak. Jadi damkar bisa standby gaperlu bulak-balik pake alat itu. Alatnya kita pinjem ke Bandung, karena yang punya baru Bandung dan DKI Jakarta,” pungkasnya. (*)

Baca Juga:
Tutup Iklan