Breaking News
---

Kemenperin Segera Panggil Manajemen PT Sepatu Bata

 Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan memanggil pihak PT Sepatu Bata Tbk terkait penutupan pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat. Nantinya pihak pemerintah akan menyampaikan saran untuk memperkuat operasional pabrik Sepatu Bata di Indonesia. 

Kemenperin Segera Panggil Manajemen PT Sepatu Bata

Hal itu disampaikan Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif, di Jakarta, Senin (6/5/2024). “Kami akan bicarakan masalah kebijakan larangan terbatas yang bertujuan mengendalikan barang impor ke Indonesia,” ujarnya.  

Menurut Febri, kebijakan tersebut dapat mendorong investasi sektor industri termasuk industri alas kaki. Pihak Kemenperin menilai komposisi bisnis PT Sepatu Bata sebagian besar mencakup bidang retail yang banyak diisi produk impor.

“Sedangkan manufaktur Bata sendiri hanya sebagian kecil yang memproduksi sepatu," ujarnya. Itu pun, lanjut Febri, bahan bakunya berasal dari luar negeri atau impor. 

Karena itu, Febri berharap industri alas kaki lokal mulai membangun dan memaksimalkan pabrik mereka di Indonesia. "Larangan terbatas bertujuan untuk mengendalikan impor produk jadi ke Indonesia," ucapnya.

Meski begitu, pemerintah tetap mengizinkan impor bahan baku untuk produksi sepatu dalam negeri. "Yang penting pasar dalam negeri dipenuhi hasil industri dalam negeri,” kata Febri.(*)

Baca Juga:
Tutup Iklan